Senin, 05 September 2011

RS Panti Rapih Gelar Donor Darah

GONDOKUSUMAN-Dalam rangka merayakan HUT ke 82 Rumah Sakit Panti Rapih bekerjasama dengan pihak Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar donor darah di Gedung Poliklinik Rumah Sakit Panti Rapih, Jalan Cik Ditiro 30 Yogyakarta, Minggu (4/9). Acara tersebut dihadiri lebih dari 150 pendonor sesuai dengan target yang telah ditentukan. 


Menurut Kepala Humas Rumah Sakit Panti Rapih, M. Sujarwo, target itu merupakan akumulasi dari pendonor yang mendaftar langsung maupun daftar lewat telepon. Mereka terdiri dari kariyawan Rumah Sakit setempat, serta masyarakat umum. “Donor darah terbuka bagi umum dan untuk siapa saja yang ingin dan layak didonor sesuai prosedur,” jelas Sujarwo. 


Untuk pendonor harus mengikuti beberapa prosedur yaitu mendaftarkan diri dan pemeriksaan kesehatan yang ditangani oleh enam orang dari PMI serta 12 dokter mudah lulusan dari Universitas Atma Jaya Jakarta. Pemeriksaan itu meliputi, pemerikasaan tekanan darah, memeriksa golongan daran dan HB. 


Setelah dinilai layak, pendonor baru bisa diambil darahnya. Semuah darah yang terkumpul akan diserahkan ke PMI untuk disimpan, pihak Rumah Sakit hanya mengambilnya ketika pasien membutukan darah. Sebagai tanda terimakasih, pihak Rumah Sakit dan PMI memberikan cinderamata, produk susu, vitamin, snack, serta acara doorprise setelah pelaksanan donor. 


Selain HUT, program donor ini merupakan program tahunan Rumah Sakit Panti Rapih yang diselengarakan tiga kali dalam setahun. Program sebelumnya telah diadakan pada awal April, dan  September ini merupakan yang kedua kalinya. Terakhir, tahap ke tiga  rencananya akan diadakan akhir tahun ini.


Adapun perbagai kegiatan yang digelar sebelumnya, diantaranya mengelar  pelatihan, bakti sosial, dan seminar. Seminar yang telah digelar diantaranya Seminar Persalinan Tanpa Rasa Sakit, Seminar Mengatasi Batu Ginjal, Seminar Kesehatan Pasien, Seminar Kesehatan Anak, Seminar Gawat Darurat Bagi Awam, serta Seminar yang akan dilaksanakan beberapa waktu yang akan datang tentang Kesulitan Makan Pada Anak. Semua kegiatan itu berlaku bagi umum secara gratis. 


Sebagai ucapan syukur dan puncak acara, RSPR akan mengadakan Misa Syukur bersama umat yang akan diselengarakan pada 14 September 2011.

Diterbitkan di Bernas Jogja,Senin (5/9/11)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar