Selasa, 23 Agustus 2011

Kreasi lewak Kamera DSLR

PUSTAKA
Judul buku : Bukan Fotografi Biasa! Mudah & Praktis Fotografi untuk Hobi & Bisnis
Penulis : Bayu Blasius
Penerbit : One Books
Halaman buku : 90 halaman

Kelebihan Kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR) yang paling menonjol adalah efisien waktu. Hasil jepretan dapat langsung dilihat atau dihapus jika kurang menarik. Juga mengulang lagi untuk jepretan yang lebih sesuai tanpa harus kawatir memori kartu akan penuh. 
 
Bandingkan jika menggunakan kamera analog Single Lens Reflex (SLR). Kita harus membeli film terlebih dulu. Setelah memotret hasil tidak langsung dilihat ataupun dihapus. Hasil baru diketahui saat film dicuci. Pencucian pun baru bisa dilakukan ketika isi film sudah penuh, sulit untuk mencuci satu frame saja. Setelah hasil dicetak dapat saja tidak sesuai dengan harapan, kadang kosong, gelap, kabur dan sebagainya. Penyebab utamanya adalah kesalahan pada settingan (ISO, Diafgrama dan Speed) yang bahasa populernya disebut “Komposisi” sehingga perluhnya pemahaman tentang pengaturan komposisi pada kamera tersebut. 
 
Kesalahan pada penguna kamera DSLR juga kerap terjadi padahal pada kamera DSLR telah tersedia Light Meter, alat untuk mengukur pencahayaan secara automatic. Pengaturan komposisi dapat digunakan untuk mengkreasi foto antara lain mengubah gambar gelap menjadi terang, mengubah foto mati menjadi gerak, begitu juga sebaliknya untuk menghasilkan kreasi foto yang lebih menarik dan unik. 
 
Sayangnya, untuk mengoperasikanya butuh seseorang yang benar-benar terlati. Bahkan, tidak jarang banyak orang menekuni dengan sekolah-sekolah khusus baik melalui bangku kuliah, kursus, konon sampai kuliah di luar negeri. Apa gerangan? 
 
Mungkin jejak penulis buku ini, Bayu Blasius, lulusan Bahasa Prancis Faluktas Ilmu Budaya UGM perluh ditiru. Ia menjadi seorang journalist outodidak melalui buku. Buku mengajarkannya tentang dunia fotografi. Kini dia telah menjadi seorang jurnalist khusus di pet foto (hewan peliharaan), company profile, buku, dan wedding. 
 
Dari pengalamannya ia menuliskan buku yang berjud Bukan Fotografi Biasa yang mengulas semua permasalahan tentang bagaimana teknik dasar dalam fotografi, perangkat kamera, posisi tubuh untuk menghasikan hasil foto yang menarik, cara memegan kamera yang benar, mengolah komposisi, teknik-teknik fotografi dasar sampai teknik mengolah foto. Dilengkapi juga tentang Panduan atau gambaran dalam memilih kamera DSLR. 
 
Selain itu, buku ini dilengkapi pula ragam usaha forografi, kiat memulai bisnis fotografi dan ide-ide kreatik yang dibutukan untuk usaha fotografi, memahami pernak pernik usaha fotografi. 
 
Bahasa yang diggunakan sangat sederhana, bahasa yang praktisi dalam kehidupan sehari-hari sehingga mudah dipahamai. Semoga buku ini membantu anda menjadi seorang fotografi yang mampu mengkreasikan foto dengan belajar outodidak sebagaimana dilakukan penulis buku. 
 
Dimuat di Bernas Jogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar