Kamis, 20 Oktober 2011

Pelatihan Jurnalistik Kampus Agar Berkesinambungan

JOGJA_Kepala Humas Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta, Parmonangan Manurung, ST, MT berharap, pelatihan bertema Pelatihan Jurnalistik Kampus dan Sekolah UKDY yang bekerjasama dengan Bernas Jogja dapat berkesinambungan. 


Hal itu diungkapkan dalam pembukaan pelatihan dan penandatanganan nota kesepahaman atau MOU di kampus UKDW Jalan Doktor Wahidin Sudirohusodo Yogyakarta, Sabtu (17/9).  MOU itu ditandatangani oleh Kepala Humas UKDW, Parmonangan Manurung dengan Redaktur Senior Bernas, Y.B. Margantoro disaksikan oleh para peserta pelatihan. Tujuan pelatihan ini adalah untuk mengembangkan media kampus setempat yakni, koran Duta Wacana dan SIMIX.


Menurut dia, pelatihan ini akan sangat bermanfaat. Dalam materi Jurnalistik Koran yang dibawakan oleh Redaktur Senior, Y.B. Margantoro, harapanya mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan dan ilmu tambahan tentang seluk beluk berita koran.


Dalam pelatihan itu, para mahasiswa UKDW diingatkan kembali dengan membuka wacana mereka tentang koran, harapan sebagai penulis koran, pengalaman sebagai penulis, dan hasil  serta ekspektasi yang ingin diperoleh dari pelatihan ini. 


Hasil yang diperoleh, kebanyakan dari mereka telah menulis atikel. Bahkan artikel mereka juga telah dimuat di media. Tidak heran harapan kedepan, mereka ingin menjadi penulis artikel. Hanya satu peserta yang ingin menjadi penulis fiksi.


Sebagai aksi konkrik dan rill dari pelatihan ini, para peseta yang terdiri dari: Heins Allan R.M Fakultas Teknik; Andre Wieka Kristanto, Fakultas Sistem Informasi; Agrivina Vivian G. Fakultas Manajemen Bisnis, Esty Anatalia Ambar Utami, Fakultas Teknologi Informasi, dan Titi Setiawati, Fakultas Teknik Informasi            menulis hasil karya berupa tulisan artikel tentang sesuatu yang dekat di linkungan tempat mereka tinggal.


Selain itu, peserta diberi kesempatan menggungkapkan hambatan-hambatan untuk mengembangkan potensi diri menjadi apa yang ingin dicapai. Selanjutnya pelatihan diakhiri dengan melakakukan kunjungan observasi dan wawancara ke Redaksi Harian Bernas Jogja. Pelatihan ini merupakan kelanjutan dari pelatihan sebelumnya, kemarin (16/9). Dan berakhir hari ini Sabtu (17/9). Ada pun sebagai pembicara antara lain, Budi Sutedjo, Ardiana, dan Elia.

Telah diterbitkan di Harian Pagi Bernas Jogja, edisi 19/9/11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar