Kamis, 20 Oktober 2011

Pemberdayaan Pemuda Butuh Dukungan


Pemuda merupakan bagian dari masyarakat yang berperan penting sebagai motor penggerak pembangunan. Oleh karena itu Banyak cara yang dilakukan pemerintah untuk memperdaya dan membentuk karakter pemudah guna menumbuhkan jiwa kompetitif. Kompentitif itu baik di dalam negeri maupun kanca internasional.


Seperti pelatihan Jurnalisti  yang diselenggarakan oleh Balai Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provisi Daerah Istimewa Yogyakarta (BPO Disdikpora DIY) pada Jumat (16/9) di Bernas Jogja yang dihadiri hampir 30 pemuda pilihan dari provinsi DIK.
Pelatihan yang terealisis atas kerjasama Bernas Jogja dengan BPO Disdikpora DIY ini merupakan lanjutan dari pelatihan Jurnalistik dan Reportase yang dilaksanakan di Hotel Amarta kemarin (15/9), Jalan Wates Km 2,5 Yogyakarta. Dalam pelatihan jurnalistik peserta ditugaskan menuliskan hasil karya yang kemudian dikumpulin langsung. karya itu akan diseleksi dan dipadang di koran Harian Pagi Bernas Jogja.


Selain itu, peserta juga berkesempatan berkunjung ke percetakan Bernas Jalan Patehan Tenggah dini hari guna melihat langsung proses percetakan melengkapi teori dan praktek yang telah dilaksanakan pada pagi hari.


Menurut salah satu peserta pelatihan, Wahyu Kurniasih dalam tulisannya saat pelatihan menulis memaparkan, proram ini sangat membantu dalam membentuk karakter pemuda, lebih-lebih arus globalisasi serta kemajuan teknologi yang sering kali disalahgunakan oleh sebagian pemuda menjadikan pemuda tidak produktif. Mislnya  tontonan yang tidak mendidik dan game-game yang membuat seseorang malas untuk melakukan aktivitas-aktivitas positif dan produktif. 

 
Telah diterbitkan di Harian Pagi Bernas Jogja, edisi 17/9/11


Tidak ada komentar:

Posting Komentar